Tsunami Padang

Kota Padang dalam 3 hari terakhir diliputi kecemasan dan isu tentang akan terjadinya tsunami besar pada tanggal 25 atu 26 November 2010. Banyak warga yang ketakutan sehingga mengungsi ke daerah yang dianggap jauh dari zona merah dalam peta evakuasi tanggap gempa. menurut beberapa warga, isu yang berkembang dimasyarakat ini berasal dari sms yang disebarkan secara paralel. Namun tidak diketahui secara pasti pengirim pertama dari sms tersebut. Hal ini menyebabkan sms tersebut cepat tersebar luas tanpa dapat di kontrol. Namun dikabarkan Oleh Harian Haluan Padang kemarin, Polisi telah mengantongi sejumlah nomor yang diduga kuat pembuat sms teror ini.

Walikota Padang melalui pengurus masjid-masjid  pada hari jum’at kemarin menegaskan bahwa tidak ada prediksi gempa dan tsunami yang berasal dari lembaga resmi yang menyebutkan tanggal tersebut. Maka dari itu diharapkan warga untuk tidak cemas dan takut terhadap isu yang berkembang. serta tidak panik dan mengungsi karena isu tidak jelas tersebut. Karena dikhawatirkan isu ini digunakan oleh oknum-oknum tertentu untuk kepentingan mereka. Serta dikhawatirkan akan terjadi aksi-aksi pencurian terhadap rumah-rumah yang ditinggalkan penghuninya.

Khotbah Jum’at dan pengajian ibu-ibu pun tak lepas dari masalah isu bencana ini. Jika jajaran pemerintahan mengingatkan dari segi rasional dan data yang ada, maka Para khatib dan mubaligh memandangnya dari sudut agama. Dengan menyitir beberapa ayat suci Al-Qur’an, dijelaskan bahwa tidak ada yang mampu memprediksi ada tidaknya bencana, kapan terjadi dan sebesar apa, kecuali Allah SWT. Karena itu hanya Allah yang berhak menentukannya dan hanya kepada Allah kita berserah diri. Khatib juga menganjurkan untuk banyak istighfar dan beribadah kepada Allah. Karena Allah telah berjanji dalam firmannya, bahwa tidak akan dijatuhkan bencana pada suatu negeri, sedangkan penduduknya masih banyak yang menyembah Allah dan berbuat kebajikan.

About Maz diro

Lahir di satu desa kecil di salah satu sudut provinsi Jambi, 1989 | mempunyai hoby blogging, desain, manipulasi | menyelesaikan D3 teknik pertambangan di UNP Padang pada 2012 | anak pertama dari 4 bersaudara | nggak neko-neko ^_^ Jaringan Sosial dapat ditemui di : Facebook : zugae2 Twitter : agussudiro Google : Plurk : Agus Sudiro Friendster : Agus Sudiro

Posted on 27 November 2010, in Peristiwa. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. maaf keluar topik. Jebule blogger juga tho……….. saluuuuuut.

Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: