Wikileaks

PADANG, MD: WIKILEAKS sedang jadi perbincangan hangat. Situs yang mendedikasikan dirinya sebagai “ember” itu, lagi-lagi, merilis sejumlah dokumen rahasia. Kali ini, wikileaks.org mempublikasikan dokumen-dokumen kawat diplomatik yang bersumber dari 274 kedutaan besar Amerika Serikat di berbagai belahan dunia, termasuk dari Departemen Luar Negeri AS. Jumlah dokumennya ada 251,287 buah dan, hingga hari ini, yang dirilis belum sampai 300 dokumen.

Dalam pernyataannya di situsnya, Wikileaks mengaku sengaja mencicil publikasi dokumen itu, agar masing-masing tema mendapat perhatian publik yang memadai. Bila dilepas sekaligus, rahasia negara yang penting bisa terlewatkan dari perhatian.

Keberadaan pendiri situs Wikileaks Julian Assenge belum jelas sampai hari ini, Kamis (2/12). Sumber di kepolisian Inggris mengatakan warga Australia itu tinggal di Inggris Tenggara.

Harian The Independent menulis Julian Assenge tiba di Inggris, Oktober 2010. Lelaki 39 tahun itu memberi alamat dan nomor telepon ke polisi setempat. Sejauh ini polisi belum mengambil tindak apapun untuk meringkus Assenge. Masih dibutuhkan klarifikasi soal perintah penangkapan Kepolisian Swedia.

Nah, pekan ini Interpol merilis perintah bagi negara yang tergabung di dalamnya membantu menangkap Assenge. Lelaki itu juga diburu polisi Swedia atas kejahatan seksual.

Assenge si bekas pembajak (hacker) komputer kerap berpindah negara supaya tidak dibekuk. Ia meninggalkan Swedia, Oktober lalu setelah otoritas setempat berusaha menahan ia atas tuduhan perkosaan dan kejahatan seks.

Sedangkan soal Wikileaks, belakangan jadi bahan pemberitaan global karena membocorkan dokumen rahasia Amerika Serikat. Pemerintah Negeri Paman Sam berjanji bertindak untuk menghentikan aktivitas pembocoran.

Sumber: Tribun News, Kompas.com

About Maz diro

Lahir di satu desa kecil di salah satu sudut provinsi Jambi, 1989 | mempunyai hoby blogging, desain, manipulasi | menyelesaikan D3 teknik pertambangan di UNP Padang pada 2012 | anak pertama dari 4 bersaudara | nggak neko-neko ^_^ Jaringan Sosial dapat ditemui di : Facebook : zugae2 Twitter : agussudiro Google : Plurk : Agus Sudiro Friendster : Agus Sudiro

Posted on 4 Desember 2010, in Belajar and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: