Menyatukan skripsi dalam satu file

Alhamdulillah….. Akhirnya selesai juga urusan Tugas Akhir dan segala tetek bengeknya… baru bisa mengunjungi blog ini kembali… Alhamdulillah yah, sesuatu banget,

Ada satu hal yang jadi perhatianku kemarin ketika diwajibkan mengumpulkan TA dalam bentuk soft copy. Hal ini tidak masalah tentunya, yang jadi masalah adalah syaratnya, harus dijadikan satu file word dan satu pdf. Nah lho… gimana nih, TA kan halamannya berbeda, ada yang romawi, ada yang angka biasa. sebab biasanya ku susun TA tersebut dengan folder-folder menurut isinya, per bab juga. Tapi dalam waktu beberapa menit googling, ternyata mudah sob!!
Nah, bagi kamu yang udah nyusun TA dan skripsi dan kebetulan menemukan masalah yang sama, ini tak bagi ilmunya…

  1.  Ketik semua naskah buku, skripsi, proposal, laporan dan sebagainya, atau jika kamu telah selesai dan tinggal mengatur, copy paste semuanya dalam 1 file word.
  2. Untuk membuat nomor halaman romawi pada halaman judul sampai kata pengantar, klik insert, pada group menu Header&Footer klik Page Number kemudian pilih Bottom of page dan pilih Plain number 2
  3. Maka halaman 1 akan terlihat pada halaman judul. Untuk merubah angka standart menjadi angka romawi, klik pada page number dan pilih Format page numbers.
  4. Pada number format pilih i,ii,iii,…. Dan klik OK, maka nomor halaman akan berubah dari angka1 menjadi i (angka romawi 1)
  5. Sampai disini semua halaman menggunakan angka romawi kecil.
  6. Untuk membuat halaman BAB I Pendahuluan dan seterusnya menjadi angka standart dimulai dari angka 1 tanpa merubah format nomor halaman sebelumnya, maka halaman BAB I harus dibuat section break. Caranya adalah letakkan kursor pada halaman BAB I atau halaman yang nomor halamannya akan dirubah. Kemudian klik Ribbon Page Layout, dan klik Breaks pada group menu Page setup. Kemudian klik atau pilih Next page. Sampai disini new section break telah terbentuk.
  7. Klik ganda pada Footer / nomor halaman BAB I, pada ribbon design, group menu navigation, nonaktifkan tombol Link to previous. Klik tombol tersebut sehingga tidak berwarna kuning lagi.
  8. Hapus nomor halaman tersebut, kemudian pada ribbon design, group menu Header&Footer klik page number. Dan pilih format page numbers.
  9. Pada number format ubah i,ii,iii,…. Menjadi 1,2,3,… kemudian pada pilihan start at pilih 1 dan klik OK.
  10. Sampai disini sudah berubah, yaitu halaman judul sampai dengan kata pengantar menggunakan format nomor halaman menggunakan angka romawi kecil sedangkan pada halaman BAB I Pendahuluan menggunakan nomor halaman angka standart.
  11. Untuk pengaturan letak halaman pada prinsipnya menggunakan cara yang sama yaitu menghilangkan fungsi link to previous dan start at pilih secara manual halaman yang anda butuhkan.

Nah mudah kan..?? Sengaja tidak saya tampilkan gambar agar anda mampu mencari di word sehingga lebih ingat. Okee… that’s enough I think, selamat buat anda yang telah menyelesaikan TA atau skripsinya, semoga bermanfaat ilmunya, selamat buat wisudanya dan semoga sukses di dunia yang baru…. : )

sumber: http://ketikankomputer.blogspot.com/2011/07/cara-mengatur-nomor-halaman-dengan.html

About Maz diro

Lahir di satu desa kecil di salah satu sudut provinsi Jambi, 1989 | mempunyai hoby blogging, desain, manipulasi | menyelesaikan D3 teknik pertambangan di UNP Padang pada 2012 | anak pertama dari 4 bersaudara | nggak neko-neko ^_^ Jaringan Sosial dapat ditemui di : Facebook : zugae2 Twitter : agussudiro Google : Plurk : Agus Sudiro Friendster : Agus Sudiro

Posted on 23 Januari 2012, in Artikel sembarang, Belajar, Kreatifitas and tagged , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. @ka’ Rina: ya nih ka’, mau cobain blogging via genggaman, biar hidup lagi..🙂

    @pak osu: Alhamdulillah sudah pak,
    ini juga kenang2an saya 2,5 tahun lalu pak, sebelum tragedi 30 september,🙂

  2. waaah…bener2 pingsan karena skripsi blognya agus ini sepertinya:/

  3. Udah wisuda belum? Sukses selalu ya.
    Foto gedung rektorat unp dibawah mengingatkan saya akan kenangan selama 5 tahun lebih di kampus Air Tawar.

Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: