Balita (1993-1996)

Masa Balita Yang selalu indah

Ibu bilang, saya dulu berbadan kecil, kurus, lemah, sakit-sakitan, yang besar hanya kepalanya saja, dengan rambut yang jarang-jarang. mirip banget bayi yang kekurangan gizi. Ibu bahkan khawatir saya tidak lama bertahan hidup, berbagai usaha dilakukan untuk membuat saya terlihat lebih sehat. Seringkali ibu tidak tidur semalam suntuk karena saya selalu rewel dan menangis. saat itu lingkungan belum seramai saat ini, karena merupakan daerah transmigrasi dan berada di pelosok. Tangisan saya keras, bahkan hampir setiap maghrib saya menangis ketika mendengar azan.

saat belajar berjalan, ada cerita lucu saat itu. ketika saya berjalan ke rumah simbah, ada mobil angdes yang melintas, namun saya tetap berada di depan mobil itu, sambil di klakson berkali-kali saya malah berjalan lurus di depan, sehingga mobil mengiringi saya berjalan pelan-pelan. saat itu sedang memasak. ketika menyadari saya tidak ada di sampingnya lagi, ibu lari keluar dan mengejar saya, ibu sering menceritakan itu kepada saya.

Pada masa itu, di daerah ini masih daerah pertanian, mereka bercocok tanam dengan menanam padi dan kacang, serta palawija lainnya. seringkali bapak harus mencari penghasilan lain untuk menghidupi kami. Terkadang bapak mendulang emas, mencari kayu untuk bangunan, kerja ke perkebunan sawit, bahkan bapak pernah menjadi petugas kebersihan di Bangko. Ibu juga menjadi buruh kerja di perkebunan kelapa sawit, pernah berjualan tempe dan keripik ubi. seringkali juga saya dan adik dibawa ke kebun.

Pada usia 5 tahun, Bapak membawa saya ke Jakarta. ke tempat paman bapak yang tinggal di Jakarta, Mbah karjo namanya. Bapak kesana dengan maksud belajar membuat mie ayam serta mencari mesinnya. Saya takjub melihat televisi warna di sana, karena di kampung belum ada tivi warna saat itu. yang ada TV hitam putih 14 inch dan hanya dapat siaran TVRI.

Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: